7 Tips Membeli Laptop Bekas

Dalam membeli laptop pastinya kita akan dihadapkan oleh dua pilihan yaitu antara laptop baru atau laptop bekas. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tapi jika kamu ingin beli yang bekas pun tak masalah asal mengetahui tips membeli laptop bekas di bawah ini.

Tips Membeli Laptop Bekas

Langsung saja masuk ke pembahasannya, yaitu sebagai berikut:

Kumpulkan Informasi Tentang Harga Laptop Bekas Terbaru

Tips yang pertama, kamu harus mengumpulkan informasi mengenai harga laptop bekas yang terbaru. Di internet itu ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan informasi mengenai harga laptop bekas.

Tips kali ini bertujuan bagi kamu yang ingin mengetahui harga standar pasaran agar kamu tidak mendapatkan harga yang kemahalan.

Perhatikan Spesifikasi Lengkap dari Laptop yang Ditawarkan Penjual

Selanjutnya adalah perhatikan juga spesifikasi lengkap yang disediakan oleh laptop tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada beberapa spesifikasi yang hilang atau diganti pada laptop bekas tersebut.

Oleh karena itu, kamu tak bisa mengacu pada spesifikasi yang disediakan di internet mengenai laptop yang sama tapi dalam kondisi masih baru.

Pastikan Penjual Memberikan Garansi

Tips yang berikutnya adalah pastikan jika penjual memberikan garansi. Sebab, laptop yang bekas kemungkinan besar berasal dari laptop yang sudah rusak tetapi diperbaiki lagi hingga bisa digunakan.

Oleh karena itu, penting sekali garansi dalam pembelian laptop di mana jika ternyata rusak saat pemakaian bisa dibetulkan kembali secara gratis oleh penjual.

Jangan Hanya Beli Online, Pastikan Laptop Masih Sesuai dengan Kebutuhan Secara Langsung

Berkaitan dengan poin yang sebelumnya bahwa sebaiknya jangan membeli laptop bekas secara online. Kamu harus memastikan bahwa laptop bekas itu sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan sekaligus pastikan bahwa itu sesuai dengan kebutuhan.

Kamu harus membuka laptop. memeriksa kondisi software dan hardware secara rinci. Jika kamu kurang pengetahuan soal ini bisa mengajak teman yang lebih ahli di bidang tersebut.

Pastikan Kamu Membeli di Tempat yang Terpercaya

Selanjutnya adalah pastikan kamu membeli hanya di tempat yang terpercaya dan juga berpengalaman. Ada banyak oknum toko laptop bekas yang sangat menghawatirkan karena kualitasnya sangat buruk.

Jika kamu memilih yang terpercaya dan berpengalaman maka kualitas laptop bekas masih cukup bagus. Caranya, kamu bisa melihat ulasan toko dari berbagai masyarakat yang pernah beli di sana.

Jangan Tergiur dengan Harga yang Sangat Murah

Beberapa penjual laptop bekas menentukan harga yang sangat amat murah dengan spesifikasi yang tinggi. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan bujukan marketing-nya. Sebab, di mana ada harga pasti juga ada kualitas kan?

Semakin murah sudah bisa dipastikan bahwa kualitasnya juga akan semakin buruk. Kamu hanya akan membuang-buang uang saja.

Bagaimana Kelengkapan Laptop yang akan Kamu Beli?

Ketika membeli laptop bekas, penjual ada yang menjual laptopnya saja dan ada juga yang melengkapinya dengan berbagai aksesoris. Jika kamu memang cari yang satu paket, pilih saja laptop yang sudah lengkap dengan speaker, mouse, dan alat pendukung lainnya. Pastikan keadaan semua kelengkapan juga masih baik dan bisa digunakan.

Itulah dia beberapa tips membeli laptop bekas yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan asal beli karena laptop bekas bisa bermanfaat jika memang masih berkualitas tinggi. Semoga informasi di atas bisa membawa manfaat yang besar sebelum kamu membeli laptop baru.