8 Tips Mencegah Komputer Lemot

Dalam bekerja atau sekolah di masa sekarang pastinya banyak yang membutuhkan komputer/laptop. Akan tetapi, ada kenyataannya terkadang komputer atau laptop tersebut menjadi lemot dan mengganggu pekerjaan. Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui bagaimana tips mencegah komputer lemot.

Tips Mencegah Komputer Lemot

Agar pekerjaan dan juga tugas-tugas lainnya tidak terganggu karena komputer yang lemot, cegah saja dengan beberapa tips di bawah ini:

Hapus File dan Software yang Tidak Penting

Beberapa orang senang sekali menyimpan file karena sayang jika dihapus dan takut kalau di masa depan masih membutuhkannya. Tapi padahal file tersebut juga dibiarkan saja sampai jangka waktu yang cukup lama.

Tak hanya itu saja, beberapa software juga dibiarkan terpasang hanya agar komputer tidak terlihat kosong. Tentunya hal ini hanya akan membuat penyimpanan menjadi penuh dan membuat kinerja komputer lemot.

Pastikan Komputer Kamu Bebas Virus

Selanjutnya, pastikan bahwa komputer bebas dari serangan virus. Caranya adalah memindai komputer sebelum dan setelah menggunakannya. Kemudian jangan memasukkan USB ke laptop secara sembarangan, jangan membuka situs yang tidak diperbolehkan, dan lain sebagainya.

Sebab, jika komputer kamu dipenuhi oleh virus maka akan menyebabkan performanya turun dan akhirnya jadi lemot.

Sebaiknya Jangan Buka Program yang Banyak dalam Satu Waktu

Tips berikutnya adalah jangan membuka program yang banyak dalam satu waktu. Biasanya karena ingin melakukan pekerjaan dengan cepat maka langsung membuka program banyak sekaligus.

Hal ini tidak dibenarkan karena berjalannya program memerlukan RAM. Jika kapasitasnya terbatas maka komputer akan menjadi lemot dan malah membuat pekerjaan kamu terhambat.

Tingkatkan Windows Kamu Setiap ada Pemberitahuan

Walaupun sebagian orang beranggapan apabila meningkatkan sistem operasi Windows itu bisa menyebabkan lemot tapi itu kurang tepat. Peningkatan yang dilakukan oleh sistem pastinya lebih baik dari mulai segi keamanan, kecepatan, dan juga penyelesaian masalah.

Jadi, dengan meningkatkan sistem maka komputer akan lebih sehat dan performanya menjadi lebih bagus lagi.

Gunakan Software Pembersih Sampah Otomatis

Lemotnya komputer yang kamu gunakan juga bisa disebabkan oleh sampah yang menumpuk atau biasa disebut dengan cache. Sampah itu membuat komputer menjadi lemot karena memakan banyak ruang penyimpanan.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cara manual atau otomatis. Jika ingin yang otomatis, kamu bisa mengunduh aplikasi khusus. Aplikasi itu akan mendeteksi sampah dari berbagai tempat sehingga semua jadi lebih bersih.

Tidak Menjalankan Aplikasi yang Berat

Beberapa penyebab komputer menjadi lemot adalah kamu menjalankan aplikasi yang sangat berat. Contoh aplikasi berat adalah game yang dimainkan secara online atau menggunakan jaringan. Game seperti PUBG, mobile Legend, Free Fire dan lainnya akan memakan banyak RAM sehingga kinerja komputer jadi tidak lancar.

Gunakan Vacuum Cooler

Salah satu penyebab dari komputer yang lemot adalah overheat atau panas yang sangat berlebihan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan vacuum cooler agar mesin laptop bisa lebih dingin.

Sebab, alat yang satu ini dapat menyerap panas yang dikeluarkan oleh laptop. Setelah itu, kiasnya bisa mendinginkan mesin agar tidak panas.

Itu dia beberapa tips mencegah komputer lemot yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga dengan tips di atas kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan lancar tanpa ada halangan lagi. Selamat mencoba ya semoga berhasil!